Hari Guru Nasional 25 November 2023: Bergerak Bersama Rayakan Merdeka Belajar

Jakarta – Hari Guru Nasional (HGN) diperingati setiap tanggal 25 November yang juga merupakan hari ulang tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Hari tersebut diperingati sebagai pemberian tanda jasa bagi para guru.
Adanya peringatan Hari Guru Nasional tersebut sebagai tanda menghargai perjuangan para guru sejak zaman kolonial Belanda sampai sekarang.

Sekilas tentang Hari Guru Nasional
Hari Guru Nasional merupakan salah satu peringatan nasional yang diperingati oleh seluruh bangsa Indonesia pada bulan November. Pada tahun ini Hari Guru Nasional jatuh pada hari Sabtu, 25 November 2023.

Hari Guru Nasional dicetuskan pada tahun 1994 berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994 dan Undang-Undang Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, sebagaimana dilansir dari situs Kemendikbud. Pemilihan tanggal 25 November ini diperingati bersamaan dengan ulang tahun PGRI.

Kronologi Sejarah Hari Guru Nasional
Peringatan Hari Guru Nasional yang bertepatan dengan ulang tahun PGRI ini mengandung sejarah mengenai perjuangan guru di Indonesia.

1912
Dilansir dari situs Pemerintah Aceh, munculnya PGRI sebagai bentuk perjuangan guru sudah ada sejak masa Hindia Belanda tahun 1912.

Dilansir dari situs Kemdikbud, pada awalnya organisasi PGRI ini bernama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) yang anggotanya berisikan kepala sekolah, guru desa, guru bantu, dan perangkat sekolah lainnya. Umumnya anggota PGHB bertugas di sekolah desa dengan latar belakang pendidikan yang berbeda-beda.

Selain PGHB, bersumber dari situs Pemerintah Bone, berkembang juga organisasi guru lainnya, seperti Perserikatan Normaalschool (PNS), Hogere Kweekschool Bond (HKSB), Persatuan Guru Bantu (PGB), Perserikatan Guru Desa (PGD), dan Persatuan Guru Ambachtsschool (PGAS).

Perjuangan para guru semakin berkobar memperjuangkan persamaan hak dan posisi mereka terhadap Pemerintah Hindia Belanda.

1932
Hingga pada tahun 1932, PGHB diubah menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI). Perubahan nama tersebut menandakan bahwa adanya semangat kebangsaan oleh Indonesia dan membuat Pemerintah Hindia Belanda tidak menyukainya.

1942-1945
Pada masa pendudukan Jepang, semua organisasi Indonesia ditutup termasuk PGI tersebut.

1945
Kemudian pasca kemerdekaan Indonesia, dilaksanakan Kongres Guru Indonesia pada tanggal 24-25 November 1945 di Surakarta.

Kongres tersebut membuahkan hasil, di antaranya menghapuskan perbedaan suku, ras, agama, politik, dan lainnya.

Akhirnya melalui kongres tersebut, seluruh kelompok guru bersepakat untuk membentuk Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) pada tanggal 25 November 1945.

1994
Akhirnya, melalui Keputusan Presiden No. 8 Tahun 1994 ditetapkan tanggal 25 November sebagai Hari Guru Nasional.

Tema Hari Guru Nasional 2023
Dilansir dari laman Kemendikbud, dalam Pedoman Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2023 yang diteken Mendikbud Nadiem Anwar Makarim tertanggal 26 Oktober 2023, tema HGN 2023 adalah “Bergerak Bersama Rayakan Merdeka Belajar”.

Kemendikbud mengadakan berbagai acara menyambut HGN 2023 antara lain Apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), Sapa GTK, Pekan Raya Belajar dan Berkarya, Simposium Program Organisasi Penggerak. Acara puncak akan dirayakan pada Sabtu, 25 November 2023 yang akan disiarkan langsung melalui kanal YouTube Kemendikbud RI.

Demikian sejarah Hari Guru Nasional yang diperingati pada tanggal 25 November dan tema perayaannya tahun 2023. Mari merayakannya sebagai wujud menghargai jasa para guru! https://cingengkali.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*