Cak Imin Senggol Proyek Gibran di Solo, Ini Daftarnya!

Jakarta, CNBC Indonesia – Debat kedua Calon Wakil Presiden 2024 pada Jumat (22/12/2023) memanas ketika Calon Wapres Nomor Urut 1 Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengajukan pertanyaan kontroversial kepada Cawapres Nomor Urut 2 Gibran Rakabuming Raka terkait isu keadilan dalam distribusi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Cak Imin mempertanyakan 32 proyek pemerintah pusat di Kota Solo selama masa jabatan Gibran sebagai Wali Kota.

Cak Imin, panggilan akrab Muhaimin Iskandar, menyampaikan kekhawatirannya terkait ketidakmerataan akses pembangunan di berbagai kota. Ia menyoroti perbandingan jumlah proyek di Solo dengan Kota Madiun, yang hanya memiliki 11 proyek dari pemerintah pusat.

“Kita ingin tahu tipsnya apa, sehingga akses pembangunan bisa adil dan merata, bukan hanya di satu kota,” tanya Cak Imin ke Gibran saat Debat Cawapres, Jumat (22/12/2023).

Lantas apa saja proyek di Solo yang biayanya bersumber dari pemerintah pusat? Berikut adalah daftar lengkap proyek di Solo yang mendapatkan pendanaan dari pemerintah pusat, seperti yang dilansir dari Detik Finance :

Rel Layang Simpang Joglo

Proyek ini merupakan hasil kerjasama antara Kementerian Perhubungan, Kementerian PUPR, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, dan Pemerintah Kota Surakarta. Pembangunan rel layang Simpang Tujuh Joglo diharapkan dapat mengatasi kemacetan di Simpang Joglo, Solo, menjadi rel layang terpanjang di Indonesia.

Revitalisasi Pasar Jongke

Pasar Jongke, pasar tradisional di wilayah barat Kota Surakarta, mengalami revitalisasi sebagai bagian dari 16 proyek prioritas revitalisasi Pemerintah Kota Surakarta. Biaya investasi untuk revitalisasi pasar ini mencapai Rp 152.020.320.000.

Revitalisasi Taman Balekambang

Proyek revitalisasi Taman Balekambang, dimulai sejak akhir tahun 2022, mencapai progres 51% pada September 2023. Biaya proyek senilai Rp 159,4 miliar didanai melalui APBN TA 2022-2023. Proyek ini melibatkan pembangunan panggung pertunjukan, gedung pertunjukan, pendopo kedatangan, aviary & taman rusa, taman bunga, skywalk, dan embung serta kolam partini.

Revitalisasi Pasar Mebel Gilingan

Proyek revitalisasi Sentra Industri Kecil dan Menengah (IKM) Mebel Gilingan di Jalan Ahmad Yani, Gilingan Solo, dimulai pada Juli 2022 dengan biaya sekitar Rp 50,8 miliar. Proyek ini bertujuan meningkatkan kualitas mebel dan menjadikannya sebagai pusat mebel di Solo.

Penataan Jalan Ngarsopuro-Gatot Subroto

Konsep penataan kawasan Ngarsopuro melibatkan perpanjangan Night Market Ngarsopuro menjadi pusat industri kreatif. Proyek ini dimulai sejak Juni 2022 dengan biaya Rp 31,6 miliar dan mencakup fasad, gapura dengan konsep wayang, Pasar Triwindu, pedestrian, jalan lingkungan, drainase lingkungan, mural, kanopi, dan lampu kawasan.

Renovasi Pura Mangkunegaran

Renovasi Pura Mangkunegaran telah selesai dengan anggaran mencapai Rp 18 miliar, dibiayai oleh Kementerian BUMN.

Revitalisasi Lokananta

Revitalisasi Lokananta, studio rekaman legendaris, dilakukan dengan biaya Rp 50 miliar yang berasal dari PT Danareksa, sebagai BUMN pemilik aset Lokananta.

Revitalisasi Keraton Kasunanan

Pemkot Solo melakukan kerja sama revitalisasi Keraton Kasunanan dengan anggaran sekitar Rp 35 miliar dari APBN 2023 dan 2024 Kementerian PUPR.

Pembangunan Viaduk Gilingan

Viaduk Gilingan merupakan bagian dari proyek fase pertama segmen Solo Balapan-Kalioso, menghubungkan Solo-Semarang. Proyek ini menggunakan anggaran Rp 18 miliar dari Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub.

Rusun Putri Cempo

Rusun Putri Cempo, proyek rumah susun untuk masyarakat berpenghasilan rendah, dibangun oleh Kementerian PUPR bersama Pemerintah Kota Surakarta dengan biaya sekitar Rp 17,26 miliar.

Rehabilitasi Pasar Legi

Pasar Legi Surakarta direhabilitasi karena terbakar dua kali pada 2018 dan 2020. Proyek rehabilitasi ini dilakukan pada tahun 2020-2021 dengan anggaran Rp 114,7 miliar.

Jembatan Jurug

Jembatan Jurug, penghubung antara Kota Solo dan Kabupaten Karanganyar, dibangun lebih lebar dengan anggaran dari Kementerian PUPR melalui Bina Marga. https://bersiaplah.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*