Omongan Cak Imin Dibantah Wali Kota Balikpapan, Begini Isinya

Jakarta, CNBC Indonesia – Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas’ud, membantah pernyataan Cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mengenai Kota Balikpapan sulit listrik dan akses air bersih serta jalan rusak dalam debat cawapres beberapa waktu lalu. Rahmad menilai pernyataan Cak Imin tersebut keliru.

“Itu salah data, keliru. Harusnya sebelum menyampaikan, (Cak Imin) lihat data dulu. Makanya, dia sampaikan itu tidak tepat. Kondisi Kota Balikpapan sebagai penunjang Ibu Kota Negara (IKN) sangat baik,” kata Rahmad di Balikpapan dilansir Detikcom, Senin (25/12/2023).

Kota Balikpapan mendapat pasokan listrik dari Unit Induk Pembangkit Kalimantan Bagian Timur (UIP KLT) yang memiliki daya total 2.369 megawatt, sedangkan untuk beban penggunaan mencapai 1.545 megawatt. Sementara Kota Balikpapan masih memiliki kelebihan daya hingga 800 megawatt

Sementara untuk air bersih Balikpapan mendapat pasokan dua waduk yaitu Waduk Manggar dengan suplai normal 1.100 liter per detiknya, dan Bendungan Teritib dengan produksi normal 200 liter per detik.

Ke depan, direncanakan bakal tersedia Embung Aji yang memproduksi normal 150 liter per detik serta Bendungan Sepaku Semoi hingga 500 liter per detik.

“Untuk air bersih, kami terus berupaya memenuhi agar Kota Balikpapan menjadi kota yang sangat layak ditinggali,” kata Rahmad.

Sebelumnya, Cak Imin menyatakan keprihatinannya mengenai kondisi beberapa kota termasuk Balikpapan yang seharusnya mendapat prioritas pembangunan, termasuk dalam sumber air bersih dan pasokan listrik. Hal itu untuk menjawab pertanyaan mengenai permasalahan perkotaan dalam Debat Cawapres pekan lalu.

“Sekali lagi, kita bukan setuju atau tidak setuju IKN, yang paling penting adalah prioritas pemerataan dan keadilan agar terbangun kota-kota sehingga sarana air bersihnya terwujud. Balikpapan kasihan, Banjarmasin kasihan, Pontianak kasihan, karena apa? Kota-kota ini dalam waktu singkat bisa kita sulap menjadi lebih baik, karena apa? Fiskal yang kita siapkan dirata adilkan di masing-masing perkotaan,” ucap Cak Imin.

“Bahwa perkotaan membutuhkan pendanaan kita harus libatkan investasi swasta yang kita beri kepercayaan lebih baik lagi,” lanjutnya. https://sayurkole.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*