Mau Ngutang Buat Liburan Akhir Tahun? Baca Ini Dulu

Jakarta, CNBC Indonesia – Saat mendekati liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru), banyak dari kita merasa antusias dan menanti-nanti momen tersebut. Sebagian telah merencanakan liburan ke luar kota atau bahkan ke luar negeri, sebagai bentuk pelarian dari rutinitas kerja yang melelahkan.

Namun, tidak selalu mudah memperkirakan kondisi keuangan kita menjelang akhir tahun. Beberapa keadaan mendesak dapat menguras tabungan kita, meninggalkan kita tanpa cukup dana untuk menikmati liburan yang telah direncanakan.

Pertanyaannya, bagaimana jika kita terpaksa mengandalkan kartu kredit untuk membiayai semua pengeluaran liburan? Atau bahkan harus mengajukan kredit konsumtif demi mewujudkan rencana liburan tersebut? Sebelum Anda memutuskan untuk berutang, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dengan cermat.

Utang buat liburan hanya menggerus kekayaan Anda

Ketika Anda mengajukan kredit untuk membeli kendaraan atau rumah, maka Anda memang akan menambah utang. Tapi di sisi lain, nilai aset yang Anda juga akan bertambah.

Sementara ketika Anda berutang untuk keperluan bisnis, maka penghasilan Anda diharapkan bisa bertambah di kemudian hari.

Utang-utang produktif tentu akan menambah nilai kekayaan bersih Anda. Namun tidak demikian dengan utang konsumtif seperti halnya utang untuk liburan.

Berutang untuk liburan justru akan menambah liabilitas Anda, bukan aset. Dan semakin besar liabilitas, maka semakin mengecil pula nilai kekayaan bersih Anda.

Pakai kartu kredit untuk promo itu boleh

Bicara seputar kartu kredit, alat pembayaran yang satu ini kerap disebut sebagai kartu utang lantaran setiap ada transaksi, pembayaran dilakukan saat tagihan datang.

Tapi, bukan rahasia lagi bahwa banyak promo-promo liburan menarik yang bisa Anda dapatkan lewat pembayaran kartu kredit.

Tidaklah salah memanfaatkan kartu kredit demi liburan asalkan kita memang menggunakannya untuk alasan yang tepat. Demi promo, diskon, cashback, dan lain sebagainya.

Namun ada baiknya bagi Anda untuk tetap mencatat penggunaan kartu kredit Anda selama liburan. Karena apabila tidak, dikhawatirkan tagihan Anda membengkak.

Kalau gak sengaja sudah berutang, lunasi bulan depan!

Kondisi keuangan mungkin belum membaik, dan Anda juga belum mengalokasikan bujet untuk liburan Nataru. Apakah salah jika Anda harus mengajukan pinjaman terlebih dulu demi liburan ini?

Silahkan saja, tapi lunasilah segera di bulan depan tanpa menunda-nunda. Dan pastikan, saat Anda melakukan pelunasan, Anda masih memiliki sisa uang untuk membiayai hidup dan investasi.

Jangan mencicil utang yang satu ini, karena hal ini akan sangat mengganggu arus kas bulanan Anda ke depan.

Intinya, rasa penat dan jenuh akibat tuntutan pekerjaan yang tiada henti memang harus segera diatasi. Karena apabila dibiarkan, hal ini bisa berpengaruh pada kesehatan mental Anda ke depan yang pada akhirnya berdampak ke karir. https://bermimpilahlagi.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*