Ini 10 Negara Dengan Umat Kristiani Terbanyak di Dunia

Jakarta, CNBC Indonesia – Perayaan hari raya Natal 25 Desember menjadi momentum spesial bagi umat Kristiani setiap tahunnya. Di hari Natal tahun ini, setidaknya ada sekitar 2,38 miliar orang di dunia yang merayakan natal tahun ini, di mana jumlah tersebut juga merupakan penganut Kristiani di seluruh dunia, berdasarkan data dari World Population Review 2023.

Hal ini berarti sekitar sepertiga dari total populasi dunia beragama Kristen. Agama Kristen memiliki denominasi, tetapi yang terbesar adalah Gereja Katolik. Ada sekitar 1,2 miliar umat Katolik di seluruh dunia.

Lalu, mana saja negara dengan pemeluk agama Kristen terbanyak di dunia tahun 2023?

Melansir data World Population Review terbaru, berikut negara-negara yang populasi umat kristen terbanyak di dunia, dari jumlah total penduduknya.

1. Amerika Serikat (230.000.000 jiwa)

Amerika Serikat (AS) memimpin dengan jumlah umat Kristen terbanyak, yaitu lebih dari 11% dari seluruh umat Kristen di seluruh dunia dengan angka 230 juta.

Mereka memiliki populasi sekitar 243 juta jiwa lebih yang tersebar di 50 negara bagian. Banyaknya penganut Kristen berakar pada penyediaan tempat perlindungan bagi berbagai umat Kristen.

Saat ini setidaknya kurang lebih 77% orang Amerika mengidentifikasi dirinya sebagai orang Kristen, turun dari 19,5 persen pada abad ke-19. Namun, dengan total populasi AS yang mencapai lebih dari 310 juta jiwa, jumlah ini masih mewakili komunitas Kristen yang signifikan.

2. Brasil (180.770.000 jiwa)

Brasil tidak hanya merupakan negara terbesar di Amerika Selatan, tetapi juga negara dengan mayoritas nasrani terbesar kedua di dunia.

Menurut data World Population Review, mereka memiliki lebih dari 180 juta pengikut agama Kristiani. Negara ini juga memiliki populasi Katolik terbesar di dunia.

Brasil menjadi benteng modern bagi agama Katolik, yang merepresentasikan pergeseran dari akar tradisionalnya yang berasal dari Eropa. Sebanyak 88,9 persen penduduk Brasil adalah penganut Kristen, yang merupakan 8% dari populasi Kristen global.

3. Meksiko (107.780.000 jiwa)

Negara yang dulunya merupakan jajahan Spanyol ini sekarang berkontribusi secara signifikan terhadap demografi agama Kristiani secara global. Meksiko adalah rumah bagi 5% populasi nasrani dunia, yang mayoritas beragama Katolik, warisan dari penjajah Spanyol.

Populasi di Amerika Utara sebagian besar beragama Katolik dan merupakan kelompok penutur bahasa Spanyol terbesar di dunia. Meksiko berada di peringkat ketiga dalam jumlah pemeluk agama Kristen baik secara global maupun di Amerika.

4. Nigeria (88.400.000 jiwa)

Nigeria merupakan negara terpadat di Afrika yang mayoritas penduduk beragama Kristen. Novel terkenal karya Chinua Achebe berjudul The Second Coming, membahas mengenai kedatangan agama Kristen pada abad ke-19 di Nigeria dan sebagian besar wilayah Afrika.

Terlepas dari gambaran novel ini tentang pengenalan Kristen, agama ini telah berkembang pesat di Nigeria. Setidaknya, saat 88 juta orang di Nigeria adalah umat Kristen. Nigeria mungkin juga satu-satunya negara Afrika yang merayakan Hari Santo Patrick, yang merupakan santo pelindung.

5. Filipina (86.500.000 jiwa)

Filipina merupakan sebuah negara kepulauan yang terdiri dari lebih dari 7.000 pulau. Negara ini memiliki jumlah pemeluk agama nasrani terbesar di Asia dan nomor lima di dunia untuk saat ini, dengan 86,5 juta pengikut, atau 4 % dari populasi umat Kristen dunia.

Filipina menjadi koloni Spanyol pada abad ke-15, di mana agama Kristen berakar. Saat ini, setidaknya lebih dari 92% penduduk Filipina beragama Kristen, sebagian besar beragama Katolik. Hal ini kemungkinan besar dipengaruhi oleh sejarah penjajahan mereka.

6. Rusia (80.000.000 jiwa)

Rusia mempunyai populasi pemeluk agama Kristen mencapai 80 juta jiwa, menurut World Population Review.

Antara tahun 1991 dan 2008, jumlah orang dewasa Rusia diidentifikasikan sebagai Kristen Ortodoks. Adapun Rusia sendiri menyumbang 4,5% dari populasi umat Kristen di dunia.

7. Republik Demokratik Kongo (63.150.000 jiwa)

Terdapat sekitar 63,2 juta umat Kristen di Republik Demokratik Kongo (DRC), yang merupakan 95% dari populasi negara tersebut yang berjumlah 95,2 juta jiwa.Meskipun sebagian besar penduduk negara ini beragama Kristen, umat beriman semakin rentan terhadap penganiayaan.

8. Italia (53.230.000 jiwa)

Agama di Italia secara historis ditandai oleh dominasi agama Katolik sejak Skisma Besar. Menurut survei Ipsos tahun 2023, sebanyak 61% penduduk negara itu beragama Katolik, 4% Protestan, 3% beragama Kristen (68% secara keseluruhan beragama Kristen), 28% tidak beragama, 2% memilih untuk tidak mengatakan apa-apa.

Menurut survei Being Christian in Western Europe tahun 2017 yang dilakukan oleh Pew, 58% orang Italia menganggap agama sebagai hal yang sangat atau agak penting. Italia adalah satu-satunya negara dalam survei yang memiliki lebih banyak umat Kristen yang taat dibandingkan yang tidak menjalankan ibadah.

Negara dengan sebutan Menara Pisa ini adalah anggota Uni Eropa ketiga dalam hal tingkat kehadiran gereja mingguan tertinggi setelah Polandia dan Irlandia.

9. Ethiopia (52.580.000 jiwa)

Kristen merupakan agama yang terbesar di negara itu, di mana 68% penduduknya menganut kristen. Kekristenan di Etiopia sudah ada sejak Kerajaan Aksum kuno, ketika Raja Ezana pertama kali menganut agama ini pada abad ke-4 Masehi.

Hal ini menjadikan Ethiopia salah satu wilayah pertama di dunia yang secara resmi menganut agama Kristen

Berbagai denominasi Kristen kini dianut di negara ini. Dari jumlah tersebut, yang terbesar dan tertua adalah Gereja Tewahedo Ortodoks Etiopia, sebuah gereja Ortodoks Oriental yang berpusat di Etiopia.

Gereja Ortodoks Tewahedo adalah bagian dari Gereja Ortodoks Koptik hingga tahun 1959 ketika gereja tersebut diberikan patriarkinya sendiri oleh Paus Ortodoks Koptik dari Aleksandria dan Patriark Seluruh Afrika Cyril VI.

10. China (48.220.000 jiwa)

China terletak di Asia Timur. Jumlah penduduk dari negara ini sebesar 1.341.340.000 jiwa (terbesar di seluruh dunia). Populasi Kristen di negara ini adalah sekitar 5,1% dari populasi atau setara dengan 68.410.000 jiwa.

Ternyata, seseorang yang menganut agama Kristen di China pada umumnya dianggap sebagai hal illegal dan Sebagian besar orang Kristen di negara ini menjalankan agamanya secara sembunyi-sembunyi.

Sementara itu berdasarkan persentase umat Kristen dibandingkan dengan populasi suatu negara secara keseluruhan, posisi teratas ditempati oleh Kota Vatikan, negara kota independen yang menjadi markas besar Gereja Katolik. Sekitar 825 warga Vatikan semuanya beragama Kristen, sehingga persentasenya mencapai 100%.

Di peringkat kedua ada Timor Leste (sebelumnya Timor Timur). Dari lebih dari 1,1 juta penduduk negara kepulauan ini, sekitar 99,1% beragama Kristen.

Berikutnya Samoa, di mana sebanyak 98% dari 70.000 penduduk Samoa Amerika menganut agama Kristen, namun Samoa adalah wilayah AS dan bukan negara merdeka. Dengan demikian, tempat ketiga jatuh ke Rumania, yang 98% penduduknya beragama Kristen. https://berharaplahlagi.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*